Pages

Saturday, October 12, 2013

Gerhana


 “Pada Bahasan kali ini, geografi kelas x .blogspot.com akan membahas mengenai Fenomena gerhana. Maksud dari postingan kali ini adalah agar kalian dapat mengetahui dan mendeskripsikan sejarah pembentukan Bumi, Tata Surya, dan Jagat Raya”

Bumi dan bulan merupakan benda angkasa yang tidak memiliki cahaya sendiri. Tanpa adanya cahaya matahari yang dipantulkan oleh bumi maupun bulan, maka bumi tidak akan terlihat dari bulan demikian juga bulan tidak akan terlihat dari bumi.

Jika dalam peredarannya bumi maupun bulan berada dalam suatu garis lurus dengan matahari, maka memungkinkan akan terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan.

1.  Gerhana Matahari
Gerhana Matahari merupakan gerhana yang terjadi sebagai akibat bayang-bayang bulan yang mengenai bumi, dimana cahaya matahari yang menuju bumi pada siang hari terhalang oleh bulatan bulan.  Oleh karena diameter bulan lebih kecil dari diameter bumi, maka gerhana matahari hanya terjadi pada sebagian kecil permukaan bumi dan berlangsung lebih kurang 7 menit.



2.  Gerhana Bulan
Gerhana Bulan adalah gerhana yang terjadi akibat baying-bayang bumi yang mengenai bulan, artinya cahaya matahari yang menuju bulan pada malam hari terhalang oleh bulatan bumi. Oleh karena diameter bumi lebih besar dari pada diameter bulan, maka eluruh bulatan bulan akan tertutup oleh bulatan bumi sehingga ketika peristiwa itu berlangsung, di permukaan bumi akan terjadi gerhan bulan yang berlangsung  dalam rentang waktu kira-kira 1 jam 40 menit.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.